------}}} {{{------ hallo,,i'm arthur,,thx for come to my blog arthur jansen tetelepta: DAFTAR ISTILAH PADUAN SUARA

Jumat, 29 Mei 2009

DAFTAR ISTILAH PADUAN SUARA

Aqual voices

Aqual voices adalah suara yg sama jenisnya,seperti suara laki-laki atau suara perempuan saja,atau suara dengan ambitus sama:all tenor atau all soprano. Lawan dari suara campuran (mixed voices).

Blues

Blues berasal dari perkembangan musik spiritual kaum hitam Amerika.Biasanya bertempo labat dengan irama syncopatis.Disebut blues karena bernada biru,yaitu nada yg diturunkan 1/2 nada pada jarak nada terts,kwint,atau,septimo.Contoh: nada-nada dari tangga nada C mayor,E,G,atau B.Penggunaan nada-nada ini menimbulkan dampak (effect) keragu-raguan antara tangga nada minor dan mayor.

Bolero

Bolero merupakan musik tari Spanyol di akhir abad ke-18; diiringi castanets,sepasang bilah kayu yg digerakan oleh ibu jari dan jari telunjuk utk membunyikan suara tepuk kayu dan mengiringi irama tari.Musik ini berirama 3/4 dgn tempo moderato di mana pola irama pada bar pertama lebih kuat daripada bar berikutnya.

Bossa Nova

Musik tari Brazillia,campuran samba dan cool jazz.


Cantata

Cantata merupakan komposisi utk suara solo,koor,atau kedua-duanya,disertai iringan instrument,serta terdiri dari beberapa gerak musik (movement),sekitar aria,duet,recitative,dan paduan suara,Cantata modern sudah seperti oratorio,tetapi pada umumnya lebih pendek dan tdk terbatasdalam lagu2 rohani melainkan juga lagu2 sekuler.Mulai muncul pada akhir abad ke-18 dan bias di gambarkan sebagai opera dlm bentuk konser tanpa pakaian seragam,dekor,dan adegan.Cantata juga merupakan perkembangan dari madrigal,menjadi bentuk musik vocal penting baroque (sampai kira2 thn 1750).


Caro (Inggris)

Lagu natal,disebut juga Noel (Prancis) atau Weihnachtslied (Jerman).Pada awalnya di Inggris,carol digunakan utk lagu2 gy mempunyai refrain tertentu yg disenut burden.


Chord

Bunyi serempak dari dua nada atau lebih.Ilmu tentang hubungan antara berbagai macam susunan nada2 itu adalah ilmu harmoni.Chord terdiri dari beberapa interval suatu tangga nada.Chord yg paling sederhana adalah triad,yaitu bunyi serempak 3 buah nada,atau istilah teknisnya 2 buah terts bertindih.

Tert dasar adalah C-E dan terts di atasnya adalah E-G.Chord yg terdiri dari C-E-G dinamai sesuai nama dasar atau akarnya.Karena itu dlm tangga nada C mayor terdapat 7 nama chord sesuai dgn nama nada akar dan interval tert-nya.


Couterpinot (Inggris),Kontrapuknt (Jerman)

Teknik penggabungan dua atau lebih lagu (melodi),yg dinyanyikan/dimainkan bersama sama,tetapi menghasilkan harmoni yg enak didengar.Sebenarnya,counterpoint identik dgn polyfoni.Polyfoni disukai pada abad pertengahan (abad 9 sampai kira2 thn 1500).Sedangkan teknik counterpoint memasuki musik pada abad 16 sampai abad ke-18.Banyak ciptaan musik yg contrapuntal berdasarkan teknik counterpoint seperti lagu2 Canon dan Fugue.Ada juga pemakaian counterpoint pada bagian2 tertentu dari ciptaan musik.Puncak musik counterpoint tercapai pada abad ke-16 yg ditemukan pada musik,motet madrigals dan mass dari komponis2 Byrd,Palestrina,Lasso,dan Victoria.Komponis terbesar dari musik counterpoint ini adalah Bach.Hal ini sangat jelas terdapat dlm semua ciptaan2 terutama dlm permainan ketboard/piano dan clavier.


Credo (Latin)

Artinya saya percaya.Credo merupakan seksi ketiga dari kebaktian gereja Roma Katolik.


Etude

Permainan instrument musik utk peningkatan mutu teknik,biasanya dgn meteri2 sulit utk mencapai permainan yg indah.


Funeral march

Mars duka pada waktu pemakaman dgn tempo yg lambat.


Gregorian (abad 6)

Musik vocal chant,plain chant,plain song,sesuai nama Paus Gregorius I (thn 590-604); musik vocal yg di gunakan utk pelayan gereja2 Katolik.


Hymne

Lagu religius yg mengekspresikan pujian dan kasih kepada Allah.Pencipta pertama lagu hymne berasal ndari Siria (abad ke-4) kemudian Yunani dan Katolik.Roma (abad berikutnya).Kini banyak lembaga pemerintah dan nonpemerintah,termasuk partai politik memiliki laguhymne utk menyatak puji dan kasih kpd Allah,dan doa agar cita2 lembaga didengar-Nya.

Interludium (Interlude,Inggris)

Interludium adalah permainan musik pendek yg diselipkan di antara ayat2 lagu atau bagian2 komposisi musik.Musik pendahulunya disebut preludium dan pada bagian akhir disebut postlidium.


Jam

Pertunjukan tdk resmi musik jazz atau rock atau penyanyi lagu2 rakyat.Dalam pertumbuhan nya juga meliputi permainan improvisasi.


Jazz

Bermuladari karya para pekerja kulit hitam Amerika di bagian selatan pada permulaan abad ke-20,kemudian beralih ke Chicago.Semula mengandalkan musik spiritual kemudian blues,ragtime dari abad ke-19.Orang2 kulit putih Amerika membuat imitasi dgn melibatkan unsur2 alat tiup logam(brass marching band) dan pada akhirnya dgn alat musik dawai (string band) yg mengiringi acara dansa dan pesta.Pemain piano ragtime dgn iringan banjo dan alat2 musik lainnya memberi jazz satu keistimewaan tersendiri,yaitu irama syncope dgn tekanan pada beat yg tdk terduga dan tdk merata.Hal ini menjadikan musik jazz berirama rumit dan sulit dituliskan secara akurat dalam partitur.Lagu2 jazz biasanya adalah lagu2 blues dgn iringan gitar dan menggunakan beberapa nada2 biru (blue notes),yaitu nada2 yg direndahkan ½ nada dari tingkat terts,kwint,dan septimo,di imprvisasi dan dijadikan nada2 baru.Di pangkalan jazz New Orleans (Dixieland),kelompok jazz menggunakan alat musik tiup dan rhytm section.Cornet dan terompet bersama clarinet dan trombone membawakan melodi.Terompet dan Cornet memimpin permainan,sementara clarinet dan trombone membuat harmoni pada nada2 tinggi dan rendah.Rhytm section dibentuk oleh gitar,bass,dan drum.Ada juga band yg memainkan banjo,piano, keyboard,dan tuba.


Kanon 1

Komposisi musik atau seksi dari komposisi yg melodinya dimainkan dlm satupart suara (voice par) kemudian ditirukan oleh satu atau lebih part suara lainya.Kanon yg digemari anak2 adalah lagu2 kanon anak2 seperti lagu “Three Blind Mice”,”Row,Row,Row Your Boat”.Kanon seperti ini disebut juga perpetual canon karena tiap part,sesampainya di akhir melodi di mulai lagi dari permulaan melodi,dst


Kanon 2

Kanon 2 yg popular di Indonesia dan diajarkan disekolah dasar (SD) adalah lagu sederhana yg dinyanyikan berulang-ulang.Biasanya terdiri dari 4 kalimat(A,B,C,D).

Penyanyi nya dibagi menjadi 4 kelompok.Kelompok 1 menyanyikan seluruh lagu disambung oleh kelompok 2 dari kalimat A pada waktu kelompok 1sudah memasuki kalimat B,sedangkan kelompok 3 baru mulai sesudah kelompok2 sampai pada kalimat B dst.


Konduktor (Dirigent,Belanda)

Pemimpin yg mengarahkan kemlompok penyanyi atau pemain alat2 musik agar bermain bersama-sama,serempak dlm tempo,dinamika,irama,pengkalimatan(phrasing),artikulasi,dan interpretasi yg tepat sesuai komposisi yg mereka mainkan.Adalah hal yg wajar apabila interpretasi konduktor berlainan dgn kehendak komponis,namun konduktor harus berupaya agar interpretasi nya mendekati/pas seperti yg dikehendaki komponis dlm memimpin,ada konduktor yg menggunakan tongkat,ada yg hanya menggerakan tangan nya ,atau kedua-duanya.Konduktor boleh menggunakan gerak wajah, kepala,mata,dan seluruh badannya utk menandakan semua kehendak yg diinginakn sesuai dgn komposisi musik.Dulu dlm kelompok orkestra konduktor boleh memimpin dari tempat duduk atau berdirinya sambil ikut bermain.namun kini konduktor menjadi pemimpin dgn berdiri di depan tanpa bermain kunduktor harus berbagai gaya dan periode musik,misalnya karya Mozart,Bach,Schoenberg.


Konser

Pertunjukan musik utk umum,biasanya melibatkan permainan solo atau duet yg disebut juga recital.Opera dapat juga digolongkan dalam pertunjukan konser apabila penampilannya tanpa kostum,lakon,dan,dekor.Pertunjukan musik popular juga boleh disebut konser,tetapi tanpa menghiraukan nomor-nomor yg ditampilkan para pemain.


Madrigal

Pada permulaan abad ke-4 di Italia beberapa jenis sajak dipakai sebagai bahan komposisi musik dgn dua bagian suara:bagian atas diperuntukan sebagai hiasan(ornament) yg lebih rumit dibandingkan bagian bawah.Sajak itu terdiri dari 2 atau 3 stanza,dan 2 baris pada seksi penutup disebut ritornello.

Pada abad ke-16 di Inggris dan Italia,teks musik madrigal diciptakan dalam bentuk bebas dgn syair2 indah.Musik nya bermaksud utk mempertinggi mutu unsure keindahan dan liriknya.


Maestoso (Italia)

Penampilan dgn cara megah,mulia,agung,dan bermartabat.


Marcato (marc)

Pembawaan dgn tekanan pasti.


March,Marcia,alla Marcia,mars

Komposisi musik sederhana dgn irama kuat dan kalimat musik teratur.Biasanya dlm birama genap 2/4,4/4,tetapi kadang2 dlm birama 6/8 atau 2 (genap) x 3/8 dgn tempo cepat>.Pada umumnya mars tertulis dalam 3 bagian yg disebut ternary,yaitu A (seksi pembukaan),B(seksi tengah) gy disebut trio dgn kunci subdominant atau kwart dan nada dasar seksi A dan seksi C.


Mass

Satu jenis musik religius yg terpusat di Gereja Katoilik dgn melodi sederhana seperti lagu Gergorian.


Medley

Beberapa lagu atau musik yg dimainkan sambung-menyambung tanpa jeda.


Melodrama

Musik yg umumnya dipakai dlm opera,di mana pelaku utama menceritakan bagian dari carita itu selama istirahat.


Musik aleatory

Musik yg tergantung pada komponis dgn segala kemungkinan2 baik tempo,dinamika,hukum2 matematika dan kemungkinan bagaimana mempertunjukannya.


Musik atonality

Musik atonality adalah gaya komposisi yg menghindrai pusat nada.Pusat nada adalah nada2 yg telah ditetapkan dari 12 nada dalam satu oktaf lengkap dgn nada2 kromatis dan kunci2 musik yg pasti dan ditetapkan,sebagai lawan dari musik tonal dgn segala rumus2 nadanya.


Musik konkrit (musique concrete)

Musik konkrit adalah semacam musik berdasarkan suara nyata (real/concrete sound),sperti suara jalanan,suara makhluk,suara sirine,suara guruh,dsb.Musik ini tdk utk dipertunjukan,melainkan hanya diselip-selipkan pada rekaman2 musik.


Musik modern

Musik modern adalah musik abad ke-20.Nama umumnya gaya musik yg berkembang sekitar thn 1900-an.Nama2 aliran musiknya antara lain musik elektrik,musik aleatory,atonality,expresionisme,musik konkrit,neo klasik,dan serial musik.


Musik serial

Musik serial adalah komposisi musik yg berdasarkan rangkaian khusus dari nada2 pich,irama,dinamika,atau unsur2 lainnya yg berulangkali pada seluru komposisi.


Neo-classic

Neo-classic adalah kebangkitan kembali gaya bentuk musik teristimewa musik baroque dan klasik(1600-1800)oleh komponis2 muda abad ke-20 seperti Ferruccio Busoni(asal Italia-Jerman),Aaron Copland,Roy Harvis dan Elliot Carter,Stravinsky,Hindemith.


New age

New age adalah gaya instrumental musik popular yg mencampurkan unsur2 rock jazz,musik minimalis ked lm suara2 lembut dgn iringan solo piano,gitar,orkes kecil,gabungan instrument akustik dan elektrik dalam permainan improvisasi dgn harmoni sederhana.


Opera

Opera adalah sandiwara/drama di mana karakter kata2 dinyanyikan agak seperti diucapakan yg biasanya diiringi oleh instrument musik.Opera dimainkan di atas panggung dgn pakaian sesuai cerita,layer,dan penerangan di mana penyanyinya melakonkan cerita dgn bernyanyi.Opera biasanya diiringi oleh orkestra lengkap yg di tempatkan di atas panggung lebih rendah dari panggung utama yg disebut pit.Teks opera disebut libretto terdiri atas beberapa seksi yg disebut act.Lagu2 vokal opera menjangkau aria2 recitative,duet,trio,kwartet,sampai apduan suara lengkap.Walaupun telah diketahui asal mula permainan kombinasi antara drama dan musik adalah dari Yunani Kuno,opera sebagai bentuk musik lahir pada thn 1590-an di Florence,Italia .Pada waktu itu sebuah kelompok bangsawan yg dinamakan Camerata berusaha mengadakan perubahan penyegaran drama klasik Yunani ke musik.


Operetta

Operetta adalah opera yg subjek dan pelaksanaannya seserius opera.Subjeknya adalah cerita2 sentimental,lucu,atau terkadang bermuatan satire (sindiran2),musiknya adalah music popular dan atau music rakyat.Tidak semua lakon caritanya dinyanyikan.ada juga bagian2 liriknya diucapkan dgn kata2,ada ada juga bagian yg dinyanyikan dan ditarikan.Operetta muncul pada pertengahan abad ke-19,komponis Jacques Offenbach dari Prancis menulis beberapa cerita operetta berisi semacam cerita ejekan (parody) dari mitos Yunani yg disebut opera bouffe.Franz von Suppe (1819-1895) dari Austria adalah komponis pertama yg menulis kira2 30 buah operetta jenis tsb.


Oratorio

Oratorio adalah jenis teks music panjang utk para pemain tunggal (solois)paduan suara,dan orchestra.Biasanya teksnya berdasarkan ayat2 dari ktab suci (bible),tapi juga beberapa sekuler.Oratorio dipertunjukan tanpa layar panggung,pakaian seragam,dan adegan2.Ceritanya diucapkan melalui music yg terdri dari recitavio solo,seksi yg diucapkan berupa kata2 (speechlike section) utk solo (aria),duet,kwartet,kelompok vocal kecil dan paduan suara.Pada umumnya orchestra lengkap sangat berperan mengiringinya.Oratorio berasal dari kata oratory,yaitu sebuah ruangan dalam gedung gereja tempat para pemimpin mengadakan pembicaraan,persiapan pelayanan berupa sermon dan lagu2 pujian yg disebut lauda,yg dinyanyikan di Italia di akhir abad ke-16 yg diprakarsai oleh pemimpin rohani St.Fillipo Neri.


Parlando (Italia=berbicara)

Parlando adalah pembawaan music vocal dgn cara seperti berbicara jelas,biasanya sangat cepat dan diucapakan dengan hati2 (bahasa Jerman:Sprechstimme=suara berbicara).


Passionate (Italia)atau con passion

Passionate adalah pembawaan penampilan dgn perasaan yg sungguh2 tinggi.


Perbaikan chord (inversion)

Misalnya,jika nada dasar C dlm chord C-E-G dibalikan 1 oktaf ke atas menjadi chord E-G-C maka perbalikan ini disebut chord C – perbalikan pertama di mana nada E menjadi nada terndah.Chord ini disebut chord C perbalikan pertama (first inversion),atau bisa juga disebut chord 6/3 karena interval dari nada terendah E ke chord G adalah interval 3 (thrird) dan interval E ke C (nada tinggi) adalah interval 6 (sixth).Karena itu chord C perbalikan pertama disebut juga chord 6/3.Selanjutnya apabila perbaikan pertama E-G-C,nada terendahnya,maka chord ini disebut chord C perbalikan kedua (second inversion).Karena interval nada terendah (G) dgn nada tertingginya (E) adalah interval 4 (fourth) dan interval nada terendahnya (G) dgn nada di atasnya C adalah interval 4 (fourth) dan interval nada terendah (G) dgn nada tertinggi nya (E) adalah interval 6(sixth),maka chord Cperbalikan kedua ini disebut juga chord 6/4.

Ada juga chord yg lebih luas lagi,yaitu jika di atas chord2 seperti diterangkan di atas ditambahkan lagi sebuah interval terts.Umpamanya C-E-G-B.

Disebut chord C7 karena interval tertinggi nada dasar C adalah interval 7 (seventh).Demikian sterusnya dgn chord2 C9,C11,C13 dgn segala perbaikannya.Kalau ditambah lagi,sama dgn chord semula tapi dlm oktaf lainya.

Tiap nada dari sebuah tangga nada,misalnya tangga nada C mayor,dapat dijadikan menjadi nada akar utk membentuk chord.Dalam tangga nada tsb terdapat 7 nada (C,D,E,F,G,A,B) yg masing2 dapat membentuk chord.Tujuh nada tsb,yg menjadi nada akar dari chord diatonic dpt diidentifikasi dgn angka2 Romawi sesuai serajat ketangganya,yaitu chord I,II,III,IV,V,VI,VII,.


Polka

Music tari berirama 2.4 berasal dari tari Bohemia (kini bagian dari Republik Czech) pada permulaan abad ke-10.Komponis Bohemia Smetana dan Dvorak menggunakan polka dlm ciptaan music seriusnya.


Polonaise

Music tarian dlm birama ¾ dan tempo moderato,yg diulang terus –menerus secara teratur.Dia cenderung memakai cadence feminine,di mana beat-nya lembut pada ketukan kedua dan ketiga setelah ketukan pertama seperti yg dapat dijumpai dlm komposisi Chopin,J.S.Bac,dan putranya Wilhem Friedemann.


Polyfoni

Karya music yg memainkan lebih dari satu part suara,misalnya suara 1 (sopran),suara 2 (alto),suara 2 (tenor),suara 4 (bass
),dan suara lainnya,tiap suara bisa berdiri sendiri sendiri sebagai sebuah melodi,namun dgn polyfoni pentatonic music Asia,termasuk gamelan.


Polytonality

Pemakaian 3 atau lebih kunci pada waktu bersamaan penggunaan 2kunci disebut bitonality.Polytonality banyak terdapat dalam ciptaan Stravinsky,Bartok,dan Milhaud.


Portamento

Tekinik vocal yg menyelipkan suatu nada lainnya dgn begitu cepat sehingga pitch-nya tdk dapat dibeda-bedakan lagi.


Pre-classic

Zaman antara baroque(1600-1750) dan klasik 1785-1820).Zaman permainan dinamika yg kontras:tempo lambat dan cepat,suara lembut dan kuat.


Classic (1785-1820)

Gaya music seni (art music ).Komponis2 nya anatar lain Haydn,Mozart,dan Beethoven,termasuk pengikutnya,misalnya Schubert,yg bergaya romantic.Karakter utama music ini adalah elok sekali (elegant),formal,serius,dan terkendali,sebagai kebalikan dari music rakyat,pop,dan music yg menekankan perasaan individu seperti yg dianut oleh komponis romantic.


Pressando,presto

Pembawaan permainan music yg semakin cepat.


Presto assai

Tempo semakin cepat.


Qanun

Alat music berdawai dari Arab yg dipetik dan dimainkan mulai abad ke-10 hingga kini di Mesir,Siria,irak,dan Turki.Qanun dipakai sebagai alat music penuntun (leading instrument) orchestra tradisional Mesir,yg terdiri dari alat2 tiup (seruling),kecapi, dan biola.Orkes macam ini dimainkan juga di India dan Indonesia.


Ragtime

Ragtime adalah music tari Amerika pada permulaan abad ke-20,berkembang dari music band dan vocal.Sebenarnya ragtime menjadi corak pokok permainan piano.Harmoni dan melodi biasa saja,tapi gebukan iramanya dimanfaatkan oleh tangan kiri,sementara tangan kanan memainkan bagian yg sangat sinkropatis.Ragtime berirama 2/4 atau 4/4,dan aksennya tdk terduga dan tdk merata.


Rap

Semacam ocehan (yg kadang2 bersajak) dari music reggae,rck,atau music tari popular lainnya.Muncul pada akhir thn 1970-an dikalangan kaum berkulit hitam Amerika di New York City.Ocehan itu membentuk suatu irama .Dalam perkembangan selanjutnya,liriknya memuat hal2 yg controversial berupa kemarahn,kutukan,pornografi,homophobia,dan separatism warna kulit.Sebenarnya sejak permulaan abad ke-20,Indonesia sudah mempunyai lagu2 rap,terutama di kalangan org Batak.Sperti lagu”Sik-sik Sibatu Manikkam”.Lagunya sangat miskin nada melodi,kata-katanya tdk begitu berate,tetapi iramanya berulang-ulang menimbulkan kesan lucu.Lagu rap ini bisa di dahului atau pun diakhiri dgn lagu2 padanan atau lagu rakyat jenaka Batak lainnya.Ada lagu rakyat pentatonic Batak yg popular di tanah Batak pada akhir abad ke-19 danpermulaan abad ke-20 yg dinyanyikan pada malam bulan purnama oleh anak2 dan remaja,secara solo dan koor,berjudul “O,Tulang”,yg pada bar ke-5 dinyanyikan dgn cara rap dan oleh semua (tutti) peserta anak2 dan remaja sampai selesai.



1 komentar:

  1. Informasi tentang Paduan suara yang Luar Biasa, sangat membantu...terimakasih...ijin Kopas

    BalasHapus