------}}} {{{------ hallo,,i'm arthur,,thx for come to my blog arthur jansen tetelepta: sejarah hip-hop/rap

Minggu, 12 April 2009

sejarah hip-hop/rap


Untuk mengerti sejarah dari rap, kamu harus to dua hal: Rap adalah berbicara dengan rima mengikuti ritme atau ketukan beat. Hiphop adalah budaya, jalan hidup(way of life) untuk lingkungan orang-orang yang mengidentifikasi, mencintai, dan menghargai nge-rap, nge-breakdance, nge-Deejay, dan graffiti (Kurtis Blow).
RAP
Kebanyakan buku, Acara Tv dan sejarahwan mengatakan bahwa rap di buat/ diciptakan di Bronx, tapi ini tidak sepenuhnya betul. Rap Amerika yang kita tau sekarang dimulai sekitar 1970 di Boogie Down Bronx. Untuk mengerti secara keseluruhan, kita harus kembali ke masa lampau : Dimulai di Afrika..Gospel
Mari kembali ke akarnya, di Afrika - untuk lebih spesifik- Suku-suku disana mengabadikan sejarah mereka dalam bait-bait ritmik dan nyanyian. Karena ada banyak suku-suku, banyak terdapat bahasa daerah dan suku-suku yang bahasa mereka seringnya tidak dibuang/ dilupakan. Jadi, untuk menjaga sejarah dan legenda mereka menggunakan lagu dan ritmik untuk menceritakannya. Karena pedagang budak kulit putih datang dan memisahkan mereka dari keluarga dan suku mereka.

Orang afrika asli membawa cerita dan rima mereka bersama pedagang budak eropa. Mereka (pedagang budak)tidak mengijinkan para budak bicara menggunakan "Bahasa Ibu" (bahasa afrika asli) . Para pedagang budak itu berpikir bahwa mereka berencana untuk membuat rusuh. Walaupun mereka dirantai. Tapi mereka di perbolehkan untuk menyanyi. Ini membuat para budak bertahan hidup dan merasa lebih baik. Para budak wanita di perkosa dan sering kali hamil oleh crew (para pembantu pedagang budak). Budak wanita dijadikan bonus buat para crew. Perjalanan seperti ini bisa memakan waktu hingga sebulan. Dan bila ada sekitar 1000 budak, 600-700 yang selamat, itu adalah perjalanan yang bagus. Dan bila budak wanita hamil maka mereka akan mendapatkan harga yang lebih baik (karena ada tambahan bayi dalam kandungan budak wanita). Lalu para majikan (pemilik budak) berlaku sama untuk mendapatkan lebih banyak budak(memperkosa budak wanita hingga hamil dan anak hasil perbuatan itu di jadikan budak lagi). Mereka, para majikan bahkan memberikan tamu mereka satu atau dua wanita untuk teman tidur...

Ketika mereka menyanyi mereka bekerja lebih giat karena isi nyanyiannya adalah tentang dari mana mereka berasal dan sejarah suku-suku mereka. Waktu seelanjutnya, karena majikan bersifat lebih lunak, para budak diperbolehkan libur setiap hari minggu. Pada hari minggu tersebut, para budak pergi ke gereja dan menyanyikan lagu kebebasan. Hal ini kemudian berubah menjadi paduan suara Gospel.

Blues.
Ketika perbudakan dilarang, kulit hitam masih diburu, digantung, disiksa dan lebih buruk lagi. Waktu itu adalah masa yang sangat buram dan menyedihkan. Lagu-lagu terdengar murung dan sedih. Blues dulunya adalah cuma satu instrument dan satu vocal dengan suara yang mengayun sendu.

Jazz
Beberapa tahun kemudian, mereka mulai memadukan musik tradisional Afrika dengan instrument Eropa. Dan lahirlah apa yang disebut Jazz. Lalu Soul muncul sebagai gaya yang lebih ringan dan riang daripada R & B.

Rhythm & Blues
Ketika artis-artis Blues pindah dari pedesaan ke daerah perkotaan, musiknya terdengar lebih berat dan dengan gaya yang lebih groovy. Suara utama adalah pada rhythm. Lalu ini menjadi Rhythm And Blues (R&B), dan waktu itu merupakan satu-satunya jenis musik kulit hitam. Diketahui juga oleh audiens kulit putih pada awal tahun 50-an. Tapi masih kuat dipengaruhi oleh musisi kulit putih. Satu dari artist R&B yang terkenal jaman itu adalah Lois Jordan dengan banyak lagu hits-nya di tahun 40-an dan 50-an. Diantar Fats Domino mereka membuat lyrik yang lucu dikombinasikan dengan groove yang cepat dan dinamis. Hal itu membuat merka tersentuh auidiens kulit putih. Tapi itu bukan sebelum pertengahan tahun 50-an ketikas R&B diputar di radio dan waktu itu musiknya adalah rock & roll. R&B di kombinasikan denga elemen dari Jass, Country Blues, Boogie Woogie dan Gospel.

Ska, Rock Steady & Reggae
Pada waktu yang bersamaan daerah koloni di Jamaika menciptakan Ska yang selanjutnya menjadi Rock Steady dan kemudian menjadi Reggae. Dan sering Dj seorang DJ sebagai produser sekaligus artis. Mereka mulai bicara(talking/toasting/rapping) pada Dub mereka. (Selanjutnya ini berubah menjadi Dancehall). Dancehall sangat populer bahkan sampai sekarang. Ini disebut sebagai Soundsystem. DJ kelahiran Jamaika, Kool Herc mengambil dan membawa Soundsystem ini ke Boogie Down Bronx. Dia menyebutnya 'The Hercoloid' dan orang-orang yang mengikutinya disebut 'Hercolids'. Mulailah Kool Herc membuat lagu-lagu(tunes). Kadang di memutar dub sound dan merima(rhyming) mengikuti beat itu. Lalu Kool Herc meggunakan seseorang untuk merima mengikuti beatnya ke tika Break Boys/Beat Boys/Bad Boys (B Boys) menari ikuti beat.Tidak diketahui kapan nama Rap pertama kali digunakan.

Rhytm & Blues menginspirasikan musik Ska, dan R & B berkembang menjadi Soul dengan pengaruh Gospel .Para produser memegang peranan penting di Jamaika. Mereka bekerja di studio kecil dan punya pengaruh besar pada suara yang unik pada awal-awal reggae. Beberapa dari produser terbaik adalah Cocone Dodd. "Studio One" kepunyaannya seperti sebuah sekolah untuk para pemusik berbakat seperti Bob Marley dan Winston Rodney (Burning Spear). Dan Duke Reid yang mendirikan "Treasure Isle Studio". Mereka punya studio-studio kecil. Dan mereka bisa merekam langsung ke vinyl. It was not expensive either.

Marley menkreasikan sound baru, apa yang Linton Kwesi Jhnson bilang "International Reggae". Bassnya lebih funki, keyboardnya lebih menonjol, gitar dengan riff rock, dan Suara Marley yang kaya menambah kesempurnaan.

Tahun1967, musik Rock Steady menggoyang Jamaika dan setengah tahun dengan artis-artis baru seperti Ken Boothe, Bob Andy, Delano Stewart, Monty Morris, The Wailers, Heptones, Techniques, Carlton and His Shoes.

Coxone Dodd dan Duke Reid masih produser yang terbaik sementara Derrick Harriott, Joel Gibson, Leslie Kong and Sonia Pottinger membuat peranan besar. Diluar Jamaika ada rekaman rocksteady di produseri Leslie Kong, dan di mainkan/ tampilkan oelh Desmond Dekker.

Pemilik Coxsone Sound, Clemet Dodd, adalah salah satu DJ pertama yang menggandakan potongan-potongan dari rekaman yang berbeda kemudian digabungkan/dimainkan berbarengan menjadi satu lagu (di-mix). Dia melakukan itu seperti menggabungkan player-player ke peralatan stereonya. Dia lalu mengakhiri dengan beberapa toasting di bagian atas. Hasil rekaman itu dinamai dub.

Tahun1968, reggae lahir. Bassgitar dengan ritem gitar yang menggoyang serta vokal yang berat. Bassnya terdengar terus dalam lagu dan ritemnya terdengar lebih hidup dari Ska. Drumnya membuat perbedaan yang mendasar. Pada awalnya reggae cuma instrumental dengan drup-grup seperti The Upsetters, The Chrystalites dan The Hippy Boys. Lalu Burning Spear, The Pineers, Bruce Ruffin dan The Abyssinians memberikan ide yang lebih baik dengan kekuatan emosi kepada musik reggae.

Yellowman mulai nge-rap di Jamaika, walaupun mereka tidak menyebutnya Rap pada saat itu, tapi seutannya DJ. Lee Perry menggabungkan rekaman Dub yang asli dan membuatnya seperti apa yang sekarang kita sebut Version atau Remix. Jadi kita bisa mengaakan bahwa dia adalah remixer pertama. Dia meremix di studio yang bernama Black Ark.

Soul
Tiga aksi musik: Jazz, Blues dan Gospel digabungjan dan jadilah soul. Pelopornya seperti Sam Cooke dan Ray Charles. Ray Ray Charles adalah artist pertama yang menggabungkan gospel dengan R&B. Dia dan Sam Cooke adalah penyanyi paduan suara Gospel ketika mereka masih kanak-kanak. Setelah Perang Dunia II, musik Soul melangkah maju dan pada waktu itu kulit hitam Amerika mulai tertarik di Politik. Tahun1965, James Brown merilis "Papa's got a brand new bag" dan memberikan musik Soul sebuah karisma baru. Hal ini membuka jalan bagi banyak artist kulit hitam di tahun 70-an seperti Marvin Gaye dan Stevie Wonder. Ketika karier James Brown membaik, ia lebih blak-blakan bernuansa politik dalam lagunya. Seperti lagu,"Say it loud, I'm Black and I'm proud". Di tahun 1960, Atlantic Records gabung dengan Memphis company Stax, dan bersama-sama mendapatkan sartist seperti Joe Tex, Solomon Burke, Otis Redding, Wilson Picket, Booket T, The MG's, Same Dave serta Aterha Franklin.

Funk
Kamu bisa mendengar Jazz, Blues dan gospel disetiap komunitas kulit hitam. Jazz dan Blues memberikan bentuk musik Soul dan beat(ketukan) sementara Gospel sebagai vokalnya. Dan gaya yang lebih kasar dari Jazz, mereka menyebutnya Funk. Sejak itu Funk meningkat dengan lebih banyak rhythm dan basskines. James Brown adalah legenda hidup yang paling terkenal dari Funk, dan dia sendiri telah sangat mempengaruhi HipHop sehingga butuh bertahun-tahun untuk menggambarkannya. , Ketika dia menemukan sound Hiphop, kita juga punya di Jazz, puisi dan kata-kata dengan artis sepeti The Last Poets, Gil Scott Heron dan Watts Prophets. Mereka menggunakan semacam Rap dalam ritmik puisi mereka, dan dengan beat dari James Brown, kita dapati awal dari Hiphop. Mereka juga merilis sebuah album dengan judul "Rappin' Black In a White World" tahun 1971. Muhammed Ali juga menggunakan accapella Raps untuk memojokkan lawan tandingnya sebelum pertarungan tinjunya.

Soundsystems
Satu dari toaster pertama dalam soundsystem adalah Count Machouki. Yang lain datang dan mengembangkan gayanya Count lebih lanjut, mereka adalah U-Roy, Big Youth dan Dilinger. U Roy jadi sangat populer dan albumnya terjual banyak, mencetak hit berjudul "Wear You To The Ball"

Disco.
Sekitar pertengahan 70-an, gaya musik kulit putih mulai naik daun. Dan pada saat yang bersamaan tak ada musik kulit hitam yang di putar di radio. Tahun 1973, 36 singgel kulit hitam masuk tangga lagu Billboard Topp 100, dua puluh tujuh di tahun `974 dan duapuluh delapan di tahun 1975. Disko kulit putih memasuki charts dan puncak era disko adalah pada tahun 1977, saat itu hanya ada duapuluh tiga lagu disco kulit hitam pada tangga lagu Topp seratus(Topp 100) Charts).Rap/Hiphop
Satu dari DJ radio yang pertama di USA, Dr. Hep Cat biasa me-rima( throw some rhymes) di udara seperti, "If you want to hip the tip and bop the top - You get some mad threads that just won't stop". Ini mempengaruhi DJ radio lainnya dan DJ biasa untuk me-rima di udara dan di club, diketahui sebgai rapper-rapper pertama. Kool Herc adalah satu dari DJ-dj yang mulai ngerap mengikuti rekaman lagu. Semua gerakan ini menjelma menjadi HipHop. Sebuah kultur/budaya yang berumur lebih dari 25 tahun dan masih ada samapi saat ini. Nama HipHop muncul ketika mereka bernyanyi, "hip hop a hippi the hoppa" dan seterusnya. Lalu orang-orang di Kota menyebut fenomena baru itu dengan sebutan HipHop, karena mereka tidak punya nama untuk itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar